10 Trik Membuat Handphone Selamat Meski Kecemplung Air

Apakah Anda pernah mengalami handphone yang tercebur ke dalam air? Hal tersebut bisa mengakibatkan kerusakan yang cukup fatal. Bahkan, bisa jadi handphone Anda mati total. Untuk itu, Anda harus berhati-hati ketika menggunakan handphone. Sebaiknya tidak menggunakannya pada tempat terbuka dan berair seperti toilet, pantai, ataupun kolam renang.

Namun, meskipun berhati-hati, terkadang sesuatu terjadi tanpa disengaja. Seperti handphone yang ketumpahan minuman. Tentu saja akan membuat Anda kecewa, sebab membeli yang baru pun harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Nah, jika Anda mengalami hal tersebut, ada beberapa trik agar handphone tetap selamat meskipun tercebur ke dalam air. Solusi berikut bisa Anda terapkan untuk mengatasi hal tersebut. Berikut penjelasannya:

  1. Matikan Handphone Begitu Terkena Air

Jangan berpikir terlalu lama. Anda harus langsung mematikan handphone segera setelah terkena air atau tercebur. Namun, perlu diingat, jangan gunakan tombol shutdown atau semacamnya. Langsung cabut baterai agar handphone tetap selamat. Namun, jika Anda menggunakan smartphone dengan baterai injeksi, langsung saja menekan power atau shutdown secepat yang Anda bisa.

  1. Membalut Handphone Dengan Koran atau Tisu Lalu Masukkan Dalam Freezer

Setelah handphone Anda terkena air, langsung saja balut dengan tisu atau koran dan masukkan freezer. Koran atau tisu akan menyerap air, sedangkan suhu yang dingin mampu mengeringkan airnya dan membekukannya. Meskipun cukup unik, namun begitulah cara kerjanya. Tunggu hingga semalam. Jika parah dan belum bisa menyala. Coba lakukan hingga beberapa kali.

  1. Menyiapkan Ziplock, Tambahkan Sereal Tanpa Gula, Lalu Masukkan Handphone ke Dalamnya

Sereal no sugar bisa menjadi alternatif pengganti beras jika tidak memiliki persediaan beras di rumah. caranya dengan memasukkan sereal tanpa gula ke dalam ziplock, kemudian benamkan handphone ke dalamnya. Tunggulah hingga beberapa hari untuk memastikan handphone Anda benar-benar kering.

  1. Jangan Buang Silica Gel Karena Bisa Digunakan Untuk Menyelamatkan Handphone Anda yang Terkena Air

Anda pastinya tidak pernah kepikiran bahwa silica gel yang berfungsi untuk mengawetkan barang ini memiliki manfaat lain di dalamnya. Benda yang biasanya terdapat pada sepatu atau tas yang baru Anda beli ini bisa menyelamatkan handphone yang basah terkena air atau tercebur.

Sifat silica gel yang mampu menyerap kelembaban ini juga berlaku pada handphone Anda. Cukup letakkan beberapa kantong silica gel ke dalam wadah tertutup, lalu masukkan handphone ke dalamnya. Tunggu hingga beberapa saat.

  1. Menggunakan Compressor Udara Untuk Mengusir Air Pada Komponen Handphone

Untuk mengusir air yang masuk ke celah komponen handphone, Anda bisa menggunakan compressor udara. Namun, Anda perlu berhati-hati dengan menggunakan tekanan yang rendah. Jangan sekali-kali menggunakan tekanan tinggi karena bisa berbahaya.

Agar udara dari compressor benar-benar melewati bagian dalam handphone, Anda perlu mendekatkan sumber udara dengan celah atau lubang yang terbuka pada handphone Anda.

  1. Menyedot Air Pada Handphone Menggunakan Vacuum Cleaner

Kebalikan dengan teknik tiup menggunakan compressor, dengan vacuum cleaner, Anda bisa menyedot air yang ada di dalam handphone. Gunakan power yang rendah saja untuk menyerap uap air yang menempel pada komponen handphone Anda.

  1. Menggunakan Televisi Tabung

Jika Anda memiliki TV tabung, Anda bisa menyelamatkan handphone dengan perangkat tersebut. teve tabung memiliki lubang-lubang di bagian belakangnya. nah, itulah sirkulasi udara pada barang kuno tersebut. udara yang panas akan keluar melalui lubang tersebut. letakkan saja handphone Anda di atasnya. Otomatis, TV Anda yang akan mengeringkannya.

  1. Gunakan Kipas Angin

Alat yang sangat penting digunakan saat cuaca sedang panas ini ternyata bisa juga menyelamatkan handphone Anda yang terkena air lho! Caranya mudah sekali. cukup gantungkan handphone di depan kipas angin hingga semalaman. Jika ternyata belum bisa hidup, maka lakukan hingga beberapa malam.

Itulah 8 trik untuk menyelamatkan handphone Anda yang tercebur di dalam air. Cara tersebut merupakan sebuah upaya saja, bisa jadi berhasil ataupun tidak. Namun, ada baiknya untuk mencegah daripada menanggulangi. Pastikan untuk menyimpan handphone saat sedang berada di tempat berair atau ketika sedang makan atau minum.

Biasanya Anda akan membawa handphone saat ke kamar mandi. Nah, mulai sekarang hindari ya agar handphone Anda tetap aman.